Sedekah Bumi Desa Sudimampir Lor, Ade Nanto : Bukan Hanya Pelestarian Budaya Tahunan

Indramayu Jabar, SIBER88.CO.ID_Seluruh masyarakat desa Sudimampir Lor kecamatan Balongan kabupaten Indramayu ikuti Karnaval tradisi Sedekah Bumi tahun 2024.

Pemerintah Desa Sudimampir Lor bersama perwakilan dari setiap RT menghias desa dengan kreatif.

Setiap RT menghadirkan ogoh-ogoh yang menarik, mulai dari replika kuda putih, monster raksasa, kadal, hingga makhluk unik lainnya.

Warga desa berbondong-bondong mengarak ogoh-ogoh tersebut sepanjang jalan desa dengan antusiasme yang membara.

Kepala desa(Kuwu)Desa Sudimampir Lor, Ade Nanto, menjelaskan bahwa acara ini bukan hanya sekadar pelestarian budaya tahunan, melainkan juga untuk mempererat tali silaturahmi antar warga.

“Melalui karnaval ini, kita ingin mempererat persatuan masyarakat, terutama pasca pemilihan kuwu yang lalu. Harapan kami, suasana damai dan harmonis terus terjaga,” kata Ade Nanti,Sabtu(26/10/2024).

Ribuan warga tumpah ruah memadati jalanan desa, bergembira bersama, dan menunjukkan kekompakan mereka dalam kegiatan ini.

Ade Nanto pun mengimbau, kepada masyarakat untuk selalu menjaga kondusifitas lingkungan, apalagi mendekati Pilkada 2024.

“Meskipun nanti kita mungkin berbeda pilihan, jangan sampai ada perselisihan. Mari buktikan kita masyarakat yang tertib dan selalu menjaga keamanan lingkungan,” tambahnya.

Salah satu tokoh masyarakat setempat, Dasiwan, turut hadir bersama keluarganya. Sebagai perwakilan RT 08, ia menampilkan ogoh-ogoh berbentuk kuda putih, yang melambangkan kekuatan dan keteguhan masyarakat Sudimampir Lor.

“Kami ingin menunjukkan bahwa kami, masyarakat Sudimampir Lor, kuat seperti kuda, cepat berlari dan tetap berhati putih,” ujar Dasiwan penuh bangga.

Puncak acara Sedekah Bumi akan digelar pada Minggu (27/10/2024) dengan penampilan spesial dari sandiwara Chandra Sari yang akan menghibur masyarakat.

Pesta rakyat ini benar-benar menjadi bukti semangat dan kekompakan warga Desa Sudimampir Lor dalam melestarikan tradisi dan menjaga harmoni di tengah keberagaman.