Langgar Disiplin,Seorang ASN di Lingkungan Pemkab Pati Dipecat

Pati Jateng, SIBER88.CO.ID_ Seorang ASN di lingkungan Pemerintah kabupaten Pati dipecat gegara terbukti telah melakukan pelanggaran disiplin.

Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Pati, Moh Saiful Ikmal,membenarkan bahwa seorang ASN berinisial DM yang bekerja di lingkungan Dinas Kesehatan kabupaten Pati telah dipecat.

“Ada satu ASN berinisial DM yang sudah dijatuhi hukuman berat, yaitu berupa pemberhentian dengan tidak hormat atas permintaan sendiri sebagai PNS, dikarenakan yang bersangkutan melakukan tindak disiplin PNS,10 hari secara berturut-turut,” katanya, Kamis (3/10/2024).

Sebelum diberikan hukuman berat, pihaknya telah melalui beberapa prosedur yang berlaku. Baik memberikan hukuman yang sifatnya ringan dan sedang,Peringatan ,tetapi tetap juga melanggar.

“Kami menentukan hukuman berat kepada ASN itu tidak serta merta. Kami minta pertimbangan teknis dari BKN dan itu sudah semua,” lanjutnya.

“Semua prosedur sudah kami lalui. Dan memang yang bersangkutan dikonfirmasi oleh pihak kami sebanyak dua kali tidak pernah hadir,” jelasnya.

Ia mengaku, pemberhentian DM ini ditetapkan pada 1 Juli 2024 dan sudah diserahkan kepada pihak keluarga serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

Ikmal menyampaikan, pemberhentian ASN ini merupakan komitmen Pemkab Pati dalam menjaga integritas para pegawainya. Dengan demikian, dia berharap ASN di lingkungan Pemkab Pati agar bekerja dengan disiplin dan mematuhi peraturan yang ada.

“Ini menjadi pembelajaran dan imbauan kepada seluruh ASN Pati agar terus meningkatkan kinerja dan disiplin,” tegasnya.

Ikmal juga mengimbau kepada seluruh ASN di Pati agar tidak melakukan pelanggaran fatal. Pasalnya, Pemkab Pati tak akan segan menjatuhi sanksi hingga pemecatan.

Oleh karena itu, Ikmal meminta agar para pegawai negeri di lingkungan Pemkab Pati memprioritaskan pelayanan terbaik untuk masyarakat.

Penulis: KikinEditor: Badruzzaman