TMMD ke-122 di Desa Pagung Kediri Resmi Dibuka

Kediri Jatim, SIBER88.CO.ID_Upacara Pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-122 di Desa Pagung, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri dibuka oleh Pjs Bupati Kediri pada Rabu(2/10/2024).

Upacara pembukaan TMMD kembali di gelar dan dihadiri oleh Forkopimda Kabupaten Kediri, serta pejabat terkait yang mengusung tema “Dharma Bhakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan di Wilayah”.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut antara lain,Pjs Bupati Kediri,R Heru Wahono Santoso,Sterdam V/Brawijaya, Letkol Inf Agus S,Dandim 0809/Kediri, Letkol Aris Setiawan, Kapolres Kota Kediri,AKBP Bramastiyo Priaji, Ketua DPRD Kediri,Pendiwan,serta pejabat lainya baik dari lingkungan TNI maupun dari Pemda Kediri.

Dalam sambutannya,Bupati Kediri mengucapkan puji syukur kepada Tuhan yang maha Esa atas segala nikmatnya dapat melaksanakan kegiatan pembukaan TMMD ke-122 tahun 2024 untuk wilayah Kodam V Brawijaya hanya di kabupaten Kediri.

Lanjutnya,Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) bertujuan untuk membantu percepatan pembangunan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memantapkan kemanunggalan TNI dan rakyat dalam rangka menyiapkan ruang juang, alat juang dan kondisi juang yang tangguh.

Lokasi kegiatan TMMD ke122 di Kabupaten Kediri pada tahun 2024 di Desa Pagung Kecamatan Semen Kabupaten Kediri.

Desa Pagung Kecamatan Semen merupakan salah satu pengembangan kawasan selingkar wilis sekaligus termasuk proyek strategis nasional berdasarkan peraturan presiden nomor 80 tahun 2019 dan pada saat ini berada dalam wilayah zona merah kemiskinan.

Kegiatan TMMD ke 122 tahun 2024 di Kabupaten Kediri dilaksanakan selama 30 hari yang dibuka pada tanggal 2 oktober 2024 dan akan ditutup pada tanggal 31 oktober 2024 sedangkan kegiatan pra TMMD telah dimulai pada tanggal 24 juli tahun 2024.

Adapun sasaran kegiatan TMMD berupa kegiatan fisik meliputi pembangunan jalan Makadam tembus Pagung Tiron penghubung Kecamatan Semen dan Kecamatan Banyakan sepanjang 1.500 meter dan merupakan salah satu segmen trase pengembangan jalan selingkar wilis yang akan menghubungkan 6 wilayah Kabupaten tulungagung, Nganjuk, Trenggalek, Ponorogo, Madiun, Kediri. (Tunggal Rogo Mandiri), rehab RTLH 20 unit.

Pembangunan sumur bor 3 titik, rehabilitasi mushola 1 unit dengan didukung kegiatan padat karya pembangunan tepat jalan Pagung Tiron, sedangkan kegiatan non fisik meliputi pengobatan gratis, pelayanan kb gratis, penyuluhan hukum, peningkatan wawasan kebangsaan, bansos bagi masyarakat kurang mampu, pelatihan meliputi umkm, pertanian dan peternakan, tata busana / tata boga, kamtibmas, memasak makanan sehat yang diarahkan untuk mendukung program percepatan penurunan angka kemiskinan, penurunan stunting, serta peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat desa Pagung dan sekitarnya, pengembangan ekonomi kerakyatan.

“Mudah-mudahan dengan program TMMD ini kita dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Kediri, Kluster Semen, Grogol, Banyakan, Tarokan dan Mojo khususnya masyarakat Desa Pagung serta menguatkan kemanunggalan TNI bersama rakyat,”harapannya.

“Akhirnya dengan mengucapkan Bismillahirrohmaanirohim kegiatan pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa ke-122 tahun 2024 di Kabupaten Kediri dengan tema “Darma Bhakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan di Wilayah”. dengan ini saya nyatakan dibuka,” pungkasnya.

Penulis: Kikin Editor: Badruzzaman